Home » » Pembaharuan Nasionalisme

Pembaharuan Nasionalisme

Hari sumpah pemuda merupakan symbol semangat kepemudaan yang merupakan tonggak utama berdirinya negara,karena dari generasi mudalah akan lahir tokoh-tokoh pembaharu bagi negeri,tentunya  pemuda juga merupakan ujung   tombak munculnya semanga tnasionalisme baru karena itu pada diri pemuda harus dibangun kekuatan kecintaan terhadap negara yang berujung pada manifestasi rasa cinta dan nasionalisme yang terus terbangun dan selalu terbaharui.

Pada dasarnya nasionalisme adalah merebutkemerdekaan, akan tetapi sekarang harus mempertahankan kemerdekaan itu sendiri. sekarang  yang perlu kita ketahui nasionalisme baru apa yang cocok untuk bangsa ini?. Andre Kurniawan Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta menuturkan, nasionalisme yang membangun semangat kecintaan terhadap negara melalui proses pendidikan secara implisit semangat nasionalisme yang cocok adalah semangat membangun dan mensejahterakan masyarakat. kuncinya adalah menyiapkan generasi muda yang tangguh, karenaitu proses 

pandidikan sebagai sarana penanaman semangat nasionalisme harus diperbaiki secara menyeluruh agar nasionalisme tidak hanya sekedar simbol tapi benar-benar terpatri dalam hati sanubari. Kemudian Mohammad Fakih Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga menambahkan, nasionalisme baru yang releven saat ini adalah melawan para imperialisme kapitalis dan berusaha sekuat mungkin melestarikan kebudayaan bangsa.

nasionalisme harus selalu ada dan selalu diperbaharui dengan memberikan pendidikan dan pemahaman secara mendalam tentangnya,karena nasionalisme itu adalah rasa yang terpatri dari dulu hingga kedepan dan terus menerus ada. Andre mengatakan nasionalisme itu tidak ada istilah lama dan baru, yang ada adalah semangat nasionalisme yang harus di perbaharui.

nasionalisme saat ini masih sama konteksnya dengan dulu yaitu berjuang,dulu benar-benar perang fisik kalau sekarang perang pemikiran, karena itu sebagai wujud nasionalisme, kita harus bisa menjadi generasi yang memiliki wawasan luas sehingga mampu bersaing secara global, karena itu pendidikan penting, nasionalisme kita harus terwujud pada apa yang bisa kita lakukan buat negara ini,setidaknya dengan menjadi generasi muda yang mumpuni, negara butuh generasi muda yang pandai baik pikiran maupun hati,dan tentunya memiliki mental yang benar.

Andre menyarankan, tunjukkan rasa nasionalisme kita kepada negara dengan menjadi pribadi yang lebih baik agar berguna bagi negara ini, dan yang paling utama dengan cara menjadi pribadi yang layak jual mempunyai kemampuan intelektual, sosial serta memiliki pemahaman keagamaan. kita sebgai generasi muda menjadi kunci utama dalam membangun dan mempertahankan nasionalisme. Negara membutuhkan aksi kita sebagai pemuda harapan bangsa, kita adalah tiang dan tonggak negara yang kuat.
_________
(umarfaruq)

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Umar Faruq Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger | Web Design