Home » » Sepintas Kehidupan dan Perjuangan Cokroaminoto

Sepintas Kehidupan dan Perjuangan Cokroaminoto

Pada masa hidupnya Cokroamainoto sangat semangat dalam menjalankan semua hal terutama dalam bidang Organisasi yang ia pimpin. Cokroaminoto dangat piawai dan mempunyai karismatik yang tinggi dalam memimpin Partai Syarikatan Islam pada masa beliau. Partai Syarikat Islam pada masa pimpinan Cokroaminoto sangat maju dan berkembang pesat keberbagai kota, diantaranya surabaya, semarang dan lain-lain.

Dalama Buku "H.O.S Tjokroaminoto Hidup dan perjuangan" sangat jelas betapa perihatinnya Cokroaminoto terhadap perkembangan islam pada masa itu. hal ini menunjukkan semangat beliu dalam melakukan amanah yang di berikan terhadap beliu. Cokroaminoto mempunyai keistimewaan tersendiri dalam hidupnya. yaitu bermimpi bertemu langsung dengan Nabi Muhammad SAW. Cokroaminoto mengakuinya bahwa beliau sempat bermimipi Raulullah. ia berkata "saya puas bertemu dengan Rasulullah" (Hal. 11). setelah itu saudara Sangadji mencium tangan Cokroaminoto. dan hal ini di amini oleh Ustad Moh. Mursdji, bahwa ia percaya bahwa beliu telah bertemu dengan Rasul dalam mimpinya, sebab Cokroaminoto pemimpin islam yang sangat saleh.

Kehidupan Cokroaminoto pada masa itu sangat sederhana dan patut untuk di jadikan sebagai panutan bagi pemimpin masa kini, dalam memimpin sebuah Negara atau Organisasi yang ada masa kini. kehidupan seperti beliau sangat sulit untuk menemukan orang yang meniru cara memimpin dan dan cara memperjuangkan sebuah Partai Islam pada masa lampau.

Mengingat perjuangan Cokroaminto sangatlah penting untuk kita sebab Oraganisasi pertama dalam islam adalah oraganiosasi yang di pimpin oleh beliau. Sebelum wafat, beliau sempat membuat "Tafsir Azas Partai Syarikat Islam". yang di bantu oleh sahabat dekatnya yaitu A. M. Sangadji. beliu sangat prihatin sekalai terhadap perkembangan islam pada masa itu sampai beliu meminta kepada Sangadji untuk menuliskan apa yang di lontarkan oleh beliau. Sangadji cuma menganggukkan kepala sebab beliau adalah seniornya dan di pandang pemimpin yang sangat alim dalam islam.

Cokroaminoto mempunyai semangat yang kokoh dalam mengembangakan agama islam. meski beliau sudah di titik penghabisan, tapi masih sempat untuk membuat "Tafsir Azas Partai Syarikat Islam". betapa sangat mulianya perjuangan beliau dalam mengembangkan dan menjaga amanat yang di berikan kepadanya.....

Selamat Membaca.......

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Umar Faruq Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger | Web Design