Home » » Menelaah Buku Deliar Noer

Menelaah Buku Deliar Noer

Setelah membaca Buku Deliar Noer, banyak hal yang harus kita ketahui bersama bahwa guna untuk memahai suatu sejarah sangat sulit sekali. Pada dasarnya sejarah hanya untuk  mengingat perjuangan para pejuang bangsa yang sangat berperan dalam memajukan suatu cira-cita yang diinginkan oleh bangsa ini.

Buku Deliar Noer mengantarkan kita untuk mengetahui sejarah kesyarikatan islam yang berkembang semenjak masa HOS Djokroaminoto hingga masa pemimpin-pemimpin yang seterusnya. Buku tersebut sangat di butuhkan oleh mahasiswa jurusan sejarah sebab didalamnya menjelaskan berbagai sejarah yang pada umumnya sejarah kesyarikatan islam.

Deliar Noer sangat berapi-api dalam menjelaskan sejarah kesyarikatan islam karena dia sangat perihatin sekali kepada putra bangsa yang akan melanjutkan peran para pejuang yang sudah wafat. Dengan demikian mahasiswa sebagai penerus bangsa harus membaca dan memahami sejarah yang di tulis oleh pengarang khususnya bagi jurusan sejarah. Sebab sejarah kesyarikatan islam akan menjadi bahan mata kuliah wajib.

Dari sekian banyak alenia Deliar Noer menunjukkan kelebihan-kelebihannya. Diantaranya adalah. Pertama: Dia sangat peka terhadap pengingatan  tahun-tahun kesyarikatan islam yang berkembang pada masa lampau. Kedua: Data yang dicantumkan sangat banyak, dan memprmudah bagi pembaca untuk mencari refensi lain.

“Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan”, sekilas pembaca akan mengomentari sedikit kekurangan dari karangan Deliar Noer. Pertama: buku tersebut tidak asli dari bahasa indonesia akan tetapi terjemahan dari bahasa inggris. Kedua: Dari segi bahasa yang sangat rumit di pahami dan mengakibatkan pembaca bingung untuk memahami berbagai alenia yang di sajikan dalam bukunya. 

Pembaca bisa memberikan saran terhadap penulis bagaimana bisa menyajikan bahasa dalam tulisanya dengan sejelas mungkin agar bagi para pembaca yang pemula bisa memahami dengan mudah. Kemudian dalam menyajikan suatu gagasan bisa memunculkan ide atau rasa pada si pembaca.
_________
Umar Faruq

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Umar Faruq Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger | Web Design